3 TIPS SINGKAT MEMILIH LANTAI KAYU

Posted on Posted in LANTAI KAYU

3 TIPS SINGKAT MEMILIH LANTAI KAYU

Tak bisa dipungkiri jika kini lantai kayu semakin digemari, bahkan sudah menjadi tren dalam lingkup desain interior. Berbagai jenis dan tipenya pun semakin menjamur di pasaran. Ini menuntut Anda untuk selektif memilih lantai kayu seperti apa yang berkualitas baik. Namun sayangnya kebanyakan dari Anda masih bingung memilih lantai kayu yang alami dengan yang imitasi. Terbukti dari pertanyaan-pertanyaan berikut yang sering muncul dari para konsumen tentang lantai kayu.

 

BACA : 6 ALASAN MEMILIH LANTAI KAYU YANG SEHAT BAGI KELUARGA.

 

Dari artikel sebelumnya kita bisa mengetahui lantai kayu yang sehat bagi keluarga dan sebelum memutuskan untuk memilih lantai kayu, sebaiknya harus dipikirkan terlebih dahulu diketahui tujuan menggunakan lantai kayu.

 

Karena begitu banyaknya produk lantai kayu yang ada di pasaran tidak semua produk lantai kayu merupakan lantai kayu asli. Berikut ini kami paparkan 3 jenis produk lantai kayu dilihat dari bahannya sebagai pertimbangan dalam pemilihan. Berikut 3 tips memilih lantai kayu yang alami:

1. Lantai Kayu Solid

teakwood-teak-wood

Lantai kayu solid berupa kayu utuh seperti lembaran papan dengan ukuran tertentu. Kelebihan jenis ini adalah asli dan alami. Perbaikan warna dapat dilakukan melalui proses varnish. Namun jenis ini menawarkan harga lantai kayu yang relatif tinggi karena dibuat dari bahan potongan kayu utuh. Pemasangannya membutuhkan waktu lama dan umumnya menimbulkan bau kimia dari hasil finishing. Jenis lantai kayu ini tingkat muai susutnya tinggi sehingga resiko lantai mengalami kerusakan juga semakin besar, apalagi di Indonesia yang merupakan negara tropis, dimana tingkat kelembabannya sangat tinggi.

 

2. Laminated Floor atau lantai kayu laminate / laminasi

laminate-floor-cutaway

Jenis lantai kayu ini sering disebut lantai kayu imitasi atau lantai kayu laminate / laminasi. Disebabkan oleh bahan dasar yang digunakan yaitu HDF (High Density Fiberboard) dan MDF (Medium Density Fiberboard) dimana HDF / MDF terbuat dari bubur kayu (pulp) yang dipress bersama dengan lem dan dilaminasi dengan paper décor yang bermotif kayu.

 

Jenis bahan ini tidak tahan terhadap kelembaban. Jenis kayu ini sebenarnya tiruan dari lantai kayu asli dimana lapisan atasnya menyerupai motif kayu terbuat dari sejenis plastik. Karena terbuat dari bahan plastik sehingga daya tahan gores lebih baik. Namun jika Anda mendambakan suasana hangat dengan corak-corak alami yang berasal dari lantai kayu asli, Laminated Floor tentu bukan pilihan yang tepat.

 

3. Engineered Wood Flooring atau lantai kayu asli olahan

lantai kayu asli gracewood
Keunggulan dari engineered wood flooring atau sering disebut engineered parquet adalah pada prosesnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga masalah-masalah umum yang sering terjadi pada kayu solid seperti penyusutan dan pembengkokan tidak terjadi, caranya dengan sistem teknologi layer dimana lapisan-lapisan kayu dipasang dengan arah serat yang berlawanan lapis satu dengan yang lainnya, lapisan paling atas terbuat dari venner (lapisan kayu).

 

Dengan demikian muai susut kayu saling mengikat dan membuatnya menjadi lebih stabil. Permukaan parket terdiri dari 6-7 layer dengan sistem UV Coating untuk ketahanan gores dan noda. Permukaan parket halus dan tidak bergelombang memberikan daya tarik natural yang indah. Lantai Kayu Parket Engineered mudah dalam pemasangannya.

 

BACA : 3 TAHAP MUDAH PEMASANGAN LANTAI KAYU

 

Dengan sistem Tounge and Groove yang mudah dipasang, maka pemasangan bisa dilakukan dengan sistem floating atau pun tempel. Salah satu jenis engineered Parquet ini adalah Lantai Kayu GRACEWOOD.

 

GRACEWOOD memiliki corak-corak unik keindahan kayu tropis, sangat aplikatif dengan gaya interior yang diinginkan, memberikan suasana alami dan berkesan mewah pada ruangan. Aplikasi pemasangan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama dan mudah untuk diperbaiki dan diganti dengan tidak merusak lantai dibawahnya.

 

BACA : Daftar Aksesoris lantai kayu terlengkap.

 

Memiliki aksesoris yang lengkap sebagai pendukung keindahan dan kerapian sambungan antara lantai kayu dengan material lainnya.

 

Salah satu kelebihan yang harus dimiliki sebuah lantai kayu adalah corak-corak kayu uniknya. Gracewood memiliki beberapa corak yang menampilkan keindahan kayu tropis diantaranya Dark Nyatoh, Ligh Nyatoh, Kerangas, Kalimantan Poon, Costul, Golden Rosewood, dan Padauk.

 

Corak-corak ini dijamin memberikan suasana alami dan berkesan mewah pada ruangan Anda. Selain itu, Gracewood juga merupakan produk yang ramah lingkungan karena diproduksi dengan penggunaan bahan kayu secara optimal, bebas dengan permukaan yang lebih halus serta tidak mudah terbakar. Jadi aman dan nyaman bagi Anda dan keluarga.

 

Kini Anda tak perlu khawatir lagi salah memilih jenis lantai kayu. Hanya lantai kayu yang berbahan dasar kayu asli yang benar-benar memberi suasana hangat, alami sekaligus kenyamanan dalam ruangan, seperti Gracewood.

 

Mengetahui dengan tepat jenis lantai kayu yang meningkatkan nilai estetika hunian dan mengantarkan anda ke suasana alami yang hangat, nyaman dan elegan.

 

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai memilih lantai kayu yang terbaik dapat menghubungi
Satya Djaya Raya Trading Coy
Tel: (021) 5702662 – (031) 7347560
Email: info@gracewood.co.id

Leave a Reply